Vanilla Frosted Carrot Cake – ala dapur seadanya –

Vanilla Frosted Carrot Cake

Penasaran, selama ini belum pernah mau nyoba carrot cake. Soalnya persepsinya kan cake is cake carrot is carrot. Agak bizarre disatukan. Jadi sekali pun belum pernah ingin mencoba. Sampai beberapa minggu yang lalu yang lagi rajin-rajinnya bikin-bikin. Di kulkas wortel sih selalu ada, jadi nggak perlu momen spesial untuk beli bahan gitu. Semua bahannya (yang sudah disesuaikan 😀 ) sudah tersedia!

Uhm, anyway, maafkan skill foto makanan saya yang nggak mengundang selera dan sama-sama saja. Ini saja sudah dibantuin suami motoinnya 😀

Ternyata rasa carrot cake ini nggak berwortel sama sekali. Malah cenderung ke-ubi-an. Em, wortel sebenarnya memang umbi-umbian kan yah? Padahal saya pakai 3 wortel ukuran medium di cake ini. Saya pikir bakal SOP banget. Eh ternyata tidak. Rasanya tidak terlalu jauh beda dengan cake pohong yang dulu saya pernah buat, cuma lebih manis dan lebih sukses 😀 Aslinya, bentuknya dan warnanya cakep banget, orange – gold merona-rona. Frostingnya kuning pucat gitu.

SUGAR ALERT: Frosting vs cake nya sendiri menurut saya saling melengkapi. Cuma frosting saya kemanisan, jadi lidah dan tenggorokan berasa diserang gula setoples.

Nah, resepnya ini yang sudah saya modif dari resep aslinya, menyesuaikan bahan yang ada di dapur saya.

Resep aslinya untuk cake dasarnya:

carrot cake

Mohon maaf saya lupa pleng saya dapatnya dari mana 😦 tapi kalau sudah ketemu nanti saya share linknya. Di resep ini saya nggak pakai kacang-kacangan, karena di dapur lagi nggak ada sama sekali.

Caranya menurut resep di atas, bahan kering dicampur, terus telor dan minyak dimasukin, terus di-mixer, terus kalau sudah tercampur, wortelnya deh dimasukkan. Dicampur lagi, sudah!

Wortelnya kemarin saya parut halus. Mungkin mustinya ada yang diparut kasar juga ya, biar ada teksturnya,

Nah setelah itu, saya nyalain kompor gas, memanaskan oven seng saya. Sembari menunggu panas, loyangnya diminyaki, lalu dilapisi kertas baking dan dikasih mentega plus tepung biar tidak lengket. Masukkan adonan ke loyang, masukkan ke oven, lalu tadaaaa…

tik tok tik tok

Kata resep tunggu 20 menit. Kata oven saya satu jam, kakak…  -_-

Nah, kalau sudah matang, atasnya jadi golden, terus saya tusuk pakai tusuk sate sudah nggak ada adonan nempel, jadi saya angkat lah ini kue. Baguuus banget karena dia mengembang. Eh waktu dibalik, bawahnya anjlok ternyata. Jadi penampakan dari bawah bolong gitu -_-

Nah, bikin frostingnya cuma butuh:

– blueband

– gula donat

– vanilla extract 1 takar

Di mixer sampai pucattttt. Takarannya? Saya nggak tahu, saya pakai feeling, tapi gulanya agak banyak gitu supaya frostingnya bisa set. Eh, ternyata kemanisan hihihihi

Seharusnya pasang frosting harus menunggu kue benar-benar dingin. Supaya nggak leleh. Saya nggak sabar dong, setengah dinin sudah saya pasang frostingnya. Alhasil seperti yang difoto lah penampakannya. Nah, besoknya setelah sisa-sisa kuenya masuk kulkas, baru frostingnya kelihatan set dan gagah berani 😀

Oke oke, next time bikin apa lagi yaa?

 

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Vanilla Frosted Carrot Cake – ala dapur seadanya –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s