meredefinisi konsep diri

Meredefinisi konsep diri.

Siapa saya?
Apa mau saya?
Mau jadi apa saya nanti?

Seharusnya pertanyaan itu sudah saya tanyakan dan harusnya juga sudah bisa saya jawab dari bertahun-tahun yang lalu. Tapi nyatanya semalam, dan seharian ini pertanyaan itu muncul lagi, dan kali ini lebih bikin galau daripada saat saya masih umur akhir belasan atau awal duapuluhan dulu.

Siapa saya? Rasanya konsep diri seorang saya yang saya kenal, dan yang saya ingat, dan yang saya bentuk sejak saya masih belasan tahun, tidak lagi ada di saya hari ini. Istilahnya kalau saya ngaca, yang lihat balik ke saya itu bukan Primi yang selama ini saya kenal dan dikenal orang.

Memangnya bisa konsep diri berubah secepat itu dan sedrastis itu?

Saya juga nggak tahu. Tapi kok rasanya gitu ya.

Kayaknya saya lagi krisis.

Krisis moneter (kemarin libur jualan tapi nggak libur jalan-jajan-makan).

Krisis kepercayaan diri (saya lagi kangen bisa pakai baju apa saja dan intinya lagi merasa jelek. Apalagi saya baru dimarahi mama tentang daging lebih. Bukannya saya nggak suka, tapi I’m not used to it, and I’m still not feeling so confident about myself).

Krisis identitas (hal-hal yang menurut saya mendefinisikan seorang Primi, tiba-tiba nggak saya rasakan ada di diri saya lagi. Mana Primi the tough, mana Primi the spontaneous, mana Primi the observer, mana Primi the bola bekel, mana Primi the moneymaker, mana Primi the wanderer, mana Primi the traveler).

Krisis kepercayaan (sedang berusaha membuat orang percaya, menjaga perasaan orang-orang di sekitar saya -which I’ve never done before- dan ternyata semakin saya berusaha semakin banyak gagalnya, and this kinda breaks me)

Intinya saya lagi krisis. Dan tahun 98 krisis ini tertanggulangi reformasi (katanya, kalau nggak salah sih), berarti musti ada yg direformasi dari saya ini. Apa ya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s