Ujian Tengah Semester E-Commerce

  1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management

E-commerce dapat mempersingkat supply chain. Hal ini disebabkan karena penjual atau produsen dapat langsung berinteraksi dengan pembelinya dari seluruh belahan dunia, sehingga bisa memangkas saluran distribusi dan menekan harga suatu produk.

Dengan memangkas supply chain, maka e-commerce juga dapat menekan resiko kerusakan barang.

  1. Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan

E-commerce dapat mengurangi siklus waktu dengan memangkas supply chain, selain itu ia juga dapat memangkas siklus waktu karena penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung dan transaksi dapat dilakukan saat itu juga walaupun di belahan dunia lain tempat si pembeli atau penjual menunjukkan waktu yang berbeda.

E-commerce dapat meningkatkan kinerja karyawan karena ia memudahkan karyawan dalam bekerja. Contohnya bagi karyawan bidang marketing, mereka tidak perlu jauh-jauh atau susah-susah mencari dan mendatangi konsumen. Dengan e-commerce, mereka bisa mencari pelanggan secara online dan tidak perlu mendatangi mereka jauh-jauh ke kota masing-masing. Hal ini tentunya dapat meningkatkan jumlah konsumen yang bisa dijaring dalam waktu yang cukup singkat, sehingga tentunya dapat menaikkan kinerja serta komisi karyawan, bila karyawan digaji dengan tambahan komisi.

E-commerce dapat memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan. Hal ini karena pelanggan dimudahkan untuk mencari apa yang menjadi kebutuhannya. Apabila pelanggan berada di luar kota dan menginginkan produk dari suatu perusahaan, ia tidak perlu dating ke kota tersebut. Hanya dengan beberapa kali klik pelanggan sudah bisa mendapat info tentang produk tsb, bahkan membelinya.

  1. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

Marketplace adalah suatu tempat, nyata ataupun metafora, dimana suatu pasar beroperasi. Marketplace merupakan lingkungan yang sebenarnya dari konsumen, yaitu ’dunia riil’ dimana produk dan jasa disediakan dan dikonsumsi. Keunggulannya adalah, konsumen dapat langsung melihat dan memilah barang atau jasa yang ingin mereka beli. Umumnya konsumen juga dapat langsung membawa pulang produk yang mereka inginkan. Interaksi langsung dari muka ke muka, yang bisa mendekatkan konsumen dan penjual, juga dapat dilakukan. Kelemahannya adalah bila konsumen dan marketplace berjauhan, maka transakasi akan sangat sulit dilakukan karena konsumen harus mendatangi tempat tersebut.

Marketshare adalah integrasi dari marketplace dengan teknologi internet. Dengan marketspace, pasar tidak lagi terbatas karena geografi dan lokasi. Banyak bentuk yang diadaptasi oleh pebisnis dalam memasuki marketspace. Mereka bisa menggunakan website, blog, atauppun bentuk-bentuk lainnya. Keunggulannya adalah, konsumen tidak terbatas hanya dari lokasi sekitar penjual namun bisa seluruh dunia. Selain itu, ia juga memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin mencari suatu produk atau jasa dalam waktu yang relatif singkat. Kelemahannya adlah sistem keamanan internet yang belum memadai, serta kepercayaan dari para konsumen terhadap transaksi lewat internet yang belum setinggi kepercayaan mereka terhadap bisnis konvensional.

  1. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Kali ini saya membandingkan harga dari kamera digital Sony DSC-W120 silver. pada situs shopping.com harga yang ditawarkan adalah mulai $108 – $274 dari kurang lebih 7 toko online. Dari mysimon.com harga yang ditawarkan adalah serendah-rendahnya $149,99. Sedangkan dari bottomdollar.com harga yang ditawarkan adalah serendah-rendahnya $135, yang sama dengan harga yang ditawarkan bizrate.com. Dan dari pricescan.com harga yang ditawarkan adalah mulai dari $135.

Seluruh situs ini merupakan situs-situs yang memberikan perbandingan harga dari online store satu dengan online store lain. Dan tentunya mereka menampilkan harga-harga terendahnya. Semua memiliki fitur pencarian barang, barang yang paling dicari, dan kategori-kategori barang. Namun secara layout, saya lebih menyukai berbelanja di shopping.com. Selain layoutnya yang lebih menarik, shopping.com juga memberikan opsi browse product by brand sehingga konsumen tidak perlu mencari-cari via seach engine di situs tersebut.

  1. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce

Trust dari konsumen terhadap e-commerce saat ini di Indonesia masih belum begitu besar. Para konsumen di Indonesia rata-rata masih memilih membeli di bisnis konvensional daripada di internet. Ketakutan terhadap penipuan internet masih cukup kuat. Apalagi didukung dengan keamanan internet yang memang belum memadai.

Kepuasan konsumen pada e-commerce sangat bergantung pada ketepatan janji penjual/pemasar. Untuk mendapatkan pelanggan yang puas, penjual hendaknya menuliskan spesifikasi secara benar. Selain itu, ia juga harus menepati spesifikasi tersebut, dan menepati janji waktu kirim. Pengemasan dan waktu saat pengiriman, kesesuaian kualitas dan jenis barang yang dipesan, serta kemudahan pembayaran, sangat memengaruhi kepuasan konsumen dalam belanja di internet.

Loyalitas konsumen e-commerce biasanya didapat setelah konsumen merasa puas setelah berbelanja di suatu toko online. Biasanya setelah mendapatkan kepuasan, konsumen akan mengulangi pembeliannya. Hal ini disebabkan sulitnya konsumen percaya terhadap bisnis online. Sehingga sekalinya konsumen tersebut mendapat kepuasan, dia tidak akan mudah berpaling ke toko online lain yang menurutnya belum tentu bisa dipercaya.

  1. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce

Menurut Joe Devlin dalam artikelnya ‘E-commerce Segmenting & Data Analysis’, segmentasi dalam e-commerce adalah kemampuan melihat data menggunakan filter, contohnya pembeli natural vs organik, ataupun pembeli pertama kali vs pembeli yang kembali. Program analisa yang bagus bahkan memungkinkan pengusaha untuk melakukan segmentasi yang lebih mendalam, contohnya pembeli pertama yang membeli via pay-per-click, pembeli yang menggunakan beberapa keyword tertentu, dan lain-lain.

Kemampuan untuk melihat data-data yang didapat dari pengunjung website e-commerce, memungkinkan pengusaha untuk menggunakan budget periklanan onlinenya dengan lebih bijaksana. Karena ia sudah tahu siapa saja dan bagaimana perilaku konsumennya.

  1. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut.

Situs www.national-label.com merupakan situs dari produsen label terbesar pertama di Indonesia, yang telah berdiri sejak 1973. Perusahaan ini telah dipercaya oleh berbagai industri konveksi, sepatu, dan tas di Indonesia dan dunia untuk membuat dan mensupply label mereka. Adapun website ini lebih menyediakan contoh-contoh label, spesifikasi secara garis besar dan contact person saja. Sehingga bila suatu industri ingin memesan label, tidak bisa langsung dari website ini tapi harus mengemail atau menelepon contact personnya. Itupun belum bisa langsung tahu detail harganya.

Situs www.tokomesin.com menyediakan aneka mesin industri kecil dan menengah. Mulai mesin packaging sampai mesin cetak bakso tersedia di situs ini. Spesifikasi mesinnya juga cukup lengkap. Bahkan situsnya menyediakan english version bagi pembeli mancanegara. Namun harganya tidak dicantumkan disini. Untuk mengetahui harga dan melakukan pembelian, konsumen harus menelpon, e-mail, atau fax ke tokomesin.com pada hari dan jam kerja. Sehingga sama saja dengan toko biasa.

Situs www.anugrahtextile.com menyediakan aneka bahan baku sprei dan bedcover. Situs ini ditujukan untuk pengusaha bedcover dan kain sprei di Indonesia, karena ia menggunakan bahasa Indonesia. Di sini, kita bisa langsung bertransaksi via internet karena sudah ada cart nya. Namun pembayarannya baru bisa dilakukan via transfer rekening saja. Belum bisa menggunakan kartu kredit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s