Internet di Indonesia dan Dunia

“Masak apa Ma?”

“Aduh, apa ya? Mama bingung nih…”

“Masak ikan bumbu kuning aja!”

“Mama nggak tahu resepnya! Cariin buku resep Mama gih?”

“Kelamaan, Ma. Aku carikan di Google aja!”

Tidak hanya resep ikan bumbu kuning yang mudah didapatkan. Baju yang pernah dipakai Madonna saat tur Eropanya tahun ’90an pun bisa kita dapatkan.Internet telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di seluruh dunia. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh penggunaan teknologi informasi yang satu ini. Segala informasi dari berbagai penjuru dunia dapat dijangkau dalam hitungan detik. Ini membuat dunia seakan tanpa batas.

Menurut Onno W. Purbo, terdapat tiga aplikasi terpenting dari internet, yaitu berkomunikasi, servis, dan sumber informasi. Pada jaman sekarang, ketiga hal tersebut termasuk kebutuhan yang mendasar. Oleh karena itulah pertumbuhan pengguna internet di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya berkembang dengan pesat.

Dari http://www.internetworldstat.com , pada tahun 2008, dari jumlah penduduk yang kurang lebih 237.512.355, terdapat pengguna internet sebanyak 25.000.000 orang. Hal ini naik lebih dari dua belas kali lipat dari statistik pada tahun 2000. saat itu, pengguna internet di Indonesia hanyalah 2.000.000 orang. Angka ini menandakan bahwa hanya 10% rakyat Indonesia yang merupakan pengguna teknologi informasi ini. Bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga, angka tersebut cukup rendah walau pertumbuhannya sejak tahun 2000 bisa dibilang cukup tinggi.

Negara tetangga terdekat, Malaysia, Brunei, dan Singapura, memiliki persentase pengguna internet sangat tinggi di negaranya. 62,8% rakyat Malaysia merupakan pengguna internet. 67,4% rakyat Singapura dan 46,2% rakyat Brunei Darussalam juga merupakan pengguna internet. Sebuah pekerjaan rumah yang sangat besar bagi Indonesia bila ingin mengejar ketertinggalan tersebut.

Sedangkan di seluruh dunia, dari 6.710.029.070 penduduk, hanya 1.574.313.184, atau sekitar 23,5% dari keseluruhan jumlah penduduk dunia merupakan pengguna internet. Mayoritas pengguna terdapat di Asia, sebanyak lebih dari 650.000.000 pengguna, yang disusul Amerika Utara dengan pengguna internet lebih dari 260.000.000 orang. Namun, walaupun secara angka Asia lebih banyak penggunanya, namun rasio pengguna dengan total polusinya berbeda jauh. Hanya 17,2% penduduk Asia yang merupakan pengguna internet. Sedangkan 73% penduduk Amerika merupakan pengguna internet. Ini menunjukkan bahwa penggunaan internet di Asia, juga tentunya di Indonesia, masih tidak merata dan tidak menyeluruh. Padahal pada era informasi ini, untuk menjadi yang terdepan, suatu negara harus mengetahui informasi yang begitu cepat berkembang.

Salah satu poin mengapa penduduk Indonesia masih belum banyak yang menggunakan internet adalah tarif internet yang masih relatif mahal. Tentu bila dibandingkan dengan pendapatan dan harga-harga kebutuhan pokok, maka internet bukanlah termasuk kebutuhan bagi sebagian besar penduduk yang masih kesulitan mendapatkan kehidupan dan pendidikan yang bagus.

Menurut Onno W. Purbo dalam artikelnya tentang Internet Infrastructure Cost Analysis, dengan pemilihan peralatan komunikasi yang jeli dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdedikasi dalam pembangunan jaringan internet, maka tarif iuran internet di Indonesia bahkan dapat mencapai Rp 500/bulan/orang. Nampaknya jalan masih amat panjang untuk menuju ke sana.

Sumber:

1. Arah Pergerakan Infrastruktur Internet di Indonesia

bebas.vlsm.org/v09/onno-ind-1/physical/arah-pergerakan-infrastrukturinternet

di-indonesia-12-2000.rtf

Azhar Hasyim, Bobby Nazief, Didik, Ismail Ahmad, Noor Iza, Onno W. Purbo,

Sanjaya (Alphabetical Order)

  1. http://www.indonesiamatters.com/1568/internet-usage/
  2. http://www.internetworldstats.com/stats.htm
  3. Infrastruktur Internet di Indonesia: Cost Analysis, oleh: Onno W. Purbo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s